27.7 C
Jakarta

Arab Saudi Serukan Pertemuan Luar Biasa OKI Bahas Kemanusiaan di Afghanistan

Artikel Trending

AkhbarInternasionalArab Saudi Serukan Pertemuan Luar Biasa OKI Bahas Kemanusiaan di Afghanistan
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Riyadh – Kerajaan Arab Saudi, Ketua KTT Islam saat ini, menyerukan diadakannya pertemuan luar biasa Dewan Menteri Luar Negeri Negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk membahas memburuknya masalah situasi kemanusiaan situasi di Afghanistan.

Arab Saudi mengatakan, pihaknya berharap mengadakan pertemuan mendesak ini, yang telah ditawarkan Pakistan untuk menjadi tuan rumah di Islamabad pada 17 Desember 2021 mendatang.

Kerajaan Arab Saudi menyatakan dalam keterangan resminya, Senin (29/11), keruntuhan ekonomi yang akan datang dan kemerosotan lebih lanjut dari kondisi kehidupan akan menyebabkan lebih banyak ketidakstabilan di Afghanistan, yang akan berdampak buruk pada perdamaian dan keamanan regional dan internasional.

Rakyat Afghanistan menghadapi krisis kemanusiaan yang memburuk dengan cepat musim dingin ini, karena jutaan wanita Afghanistan, anak-anak, dan orang tua membutuhkan bantuan segera, termasuk akses bantuan makanan, obat-obatan, dan tempat tinggal.

Dipandu oleh prinsip-prinsip solidaritas Islam dengan rakyat Afghanistan, Kerajaan Arab Saudi, sebagai Ketua KTT Islam, dan sejalan dengan keputusan OKI terkait Afghanistan, menyerukan OKI untuk mendesak, mengadakan Pertemuan Luar Biasa Tingkat Menteri untuk membahas situasi kemanusiaan di negara itu dan jalur untuk tanggapan kemanusiaan yang mendesak, pernyataan itu menambahkan.

BACA JUGA  Hizbullah Kehilangan Suara Mayoritas di Parlemen Lebanon

Kerajaan juga menyatakan harapan bahwa pertemuan yang diusulkan akan menghasilkan menemukan cara dan mekanisme yang tepat untuk mengirimkan bantuan ke Afghanistan, dan mengoordinasikan prosedur dengan badan-badan PBB yang relevan, lembaga keuangan internasional, serta komunitas internasional untuk meringankan penderitaan kemanusiaan rakyat.

Kerajaan melanjutkan dengan mengatakan, pertemuan ini juga harus mendesak pemerintah sementara di Afghanistan untuk lebih inklusif, mematuhi norma-norma dan konvensi internasional, dan menghormati hak asasi manusia dan hak perempuan untuk bekerja dan pendidikan yang dijamin di bawah hukum Islam.

Arab Saudi juga mendesak negara-negara anggota OKI serta negara-negara non-anggota dan organisasi internasional yang diundang untuk berpartisipasi aktif dalam Pertemuan Tingkat Menteri Luar Biasa untuk memobilisasi aksi kemanusiaan Islam bersama untuk membantu rakyat Afghanistan.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru