29.6 C
Jakarta

ADDAI Nobatkan TGB Zainul Majdi sebagai Dai of The Year 2021

Artikel Trending

AkhbarDaerahADDAI Nobatkan TGB Zainul Majdi sebagai Dai of The Year 2021
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Tangerang Selatan – Setelah sukses menganugerahkan Dai of The Year 2020 kepada K.H. Bahauddin Nursalim (Gus Baha), Asosiasi Dai-Daiyah Indonesia (ADDAI) kembali menganugerahkan Dai of The Year tahun 2021.

Untuk itu, ADDAI menggali masukan dari masyarakat terkait dai yang dinominasikan oleh para ADDAI sebagai Dai of The Year 2021.

Ada 5 (lima) dai yang direkomendasikan dan dinominasikan setelah melalui pembahasan dan diskusi yang panjang di antara para dai ADDAI sebagai berikut:

1. Buya Dr. Arrazy Hasyim
2. Ust. Das’ad Latif, Ph.D.
3. K.H. Muhammad Faiz Syukron Makmun
4. TGH. Dr. Zainul Majdi
5. Ust. Adi Hidayat, M.A.

Kelimanya dipandang memiliki beberapa kriteria sebagai berikut: (1) berhaluan wasathiyyah (moderat); (2) mempunyai pengaruh yang luas selama tahun 2021; (3) memberi pendekatan dan wawasan baru dalam dakwah; (4) memiliki wawasan keislaman yang mumpuni; (5) meredam ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme.

Hasil dari jajak pendapat dan voting online melalui aplikasi Google Form yang dilakukan selama 15 jam (09.00-24.00) pada 30 Desember 2021, menunjukkan jajak pendapat ini menarik perhatian publik. Setidaknya ada 24.177 responden yang ikut serta. Respons netizen di media sosial juga cukup ramai dan beragam.

Ini setidaknya menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya penganugerahan Dai of The Year yang secara rutin diselenggarakan oleh ADDAI.

BACA JUGA  Polda Lampung Sosialisasi Bahaya Radikalisme di Lamsel

Hingga penutupan voting, hasil pemungutan online menunjukkan bahwa TGB Dr. Zainul Majdi mendapat suara terbanyak. Ini tentu tak terlepas dari kiprah TGB yang sangat luas. Selain pernah menjadi Gubernur NTB dua periode, beliau juga cucu ulama terkemuka di NTB.

Beliau juga menjadi Ketua Umum OIAA, organisasi alumni Al Azhar Kairo cabang Indonesia. Bersama para ulama lainnya, beliau juga mendirikan Majelis Hukama Al Muslimin cabang Indonesia. Saat ini beliau menduduki posisi penting sebagai Wakil Komisaris Utama Bank Syariah Indonesia (BSI).

Melalui OIAA, beliau aktif menyebarkan nilai-nilai Islam moderat (wasathiyyatul Islam) di tengah-tengah masyarakat dan umat Islam Indonesia. Ia aktif mengisi berbagai forum baik formal maupun informal di masyarakat untuk menerakan nilai-nilai moderasi beragama di masyarakat.

Dengan pertimbangan yang matang dengan melihat kiprah TGB selama ini dan didukung oleh hasil voting online, DPP ADDAI dengan bangga menobatkan TGB Dr. Zainul Majdi sebagai Dai of The Year ADDAI tahun 2021.

Sebagai info pelengkap, berikut hasil akhir voting online ADDAI:

1. TGB Dr. Zainul Majdi: 9.293 (38,8%)
2. Buya Dr. Arrazy Hasyim: 5.217 (21,8%)
3. K.H. Muhammad Faiz, M.A.: 4.614 (19,3%)
4. Ust. Adi Hidayat, M.A.: 4.143 (17,3%)
5. Ust. Das’ad Latif, Ph.D.: 679 (2,8%)

 

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru