34.4 C
Jakarta

7 Orang yang Berhak Mendapat Pertolongan Allah di Hari Kiamat

Artikel Trending

Asas-asas IslamSyariah7 Orang yang Berhak Mendapat Pertolongan Allah di Hari Kiamat
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Hari Kiamat adalah berakhirnya kehidupan di dunia. Pada hari itu dunia hancur lebur bagaikan anai-anai yang beterbangan. Pada hari itu manusia seluruhnya wafat, untuk kemudian dibangkitkan lagi di padang mahsyar. Ketika dibangitkan itu, manusia tidak lagi mengenali mana anaknya, mana saudaranya, mana istrinya, setiap orang sibuk dengan nasibnya masing-masing. Dan pada hari itu tiada yang bisa menolong, sekaya apapun ia hidup di dunia. Pada hari itu hanya Allahlah yang bisa menolong. Dan berikut 7 orang yang berhak mendapatkan pertolongan Allah di hari kiamat.

Nabi Muhammad bersabda

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللهُ فِيْ ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ: اَلْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَشَابٌّ نَشَأَ بِعِبَادَةِ اللهِ ، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْـمَسَاجِدِ ، وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللهِ اِجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ ، فَقَالَ : إِنِّيْ أَخَافُ اللهَ ، وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْنُهُ ، وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

Artinya: “Dari Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allah dalam naungan-Nya pada hari di mana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Pemimpin yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allah, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allah, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah.’ Dan (6) seseorang yang bersedekah dengan satu sedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang disedekahkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berzikir kepada Allah dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.”

BACA JUGA  Hukum Haji Bagi Anak Kecil

Ini 7 Orang Yang Berhak Mendapat Pertolongan Allah

Pertama, pemimpin yang adil. jangan hanya membayangkan bahwa pemimpin itu tertuju pada lurah, camat, bupati, gubernur dan presiden. Namun pemimpin di sini adalah semua orang yang dipasrahi amanat untuk memimpin, baik itu memimpin keluarga dan lain sebagainya. Hal ini sebagaimana hadis Nabi, “Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.” Tentunya para pemimpin yang adil ini berhak mendapatkan pertolongan Allah, bahkan dalam sebuah hadis dikatakan bahwa pemimpin adil itu akan mendapatkan nikmat yang tiada nikmat bisa melebihinya.

7 Orang Yang Berhak Mendapat Pertolongan Allah Kedua yaitu seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allah. Jika dikaitkan dengan zaman ini, maka para pemuda yang tumbuh dalam pesantren dan ma’had akan berhak mendapatkan pertolongan Allah kelak, karena hari-harinya senantiasa digunakan untuk ketaatan.

Ketiga, seseorang yang hatinya selalu bergantung kepada masjid.

Keempat, dua orang yang saling mencintai di jalan Allah, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya. Kaitannya dengan golongan keempat ini adalah orang-orang yang senantiasa ikhlas dalam hidupnya. Pertemuan dengan seseorang manapun tidak mempunyai tendensi apapun, dan perpisahannyapun tak mengharap apapun. Semuanya dilakukan karena Allah.

Kelima, seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah.’

Keenam, seseorang yang bersedekah dengan satu sedekah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang di sedekahkan tangan kanannya,

Ketujuh, seseorang yang berzikir kepada Allah dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.

Demikianlah 7 orang yang berhak mendapatkan pertolongan Allah di hari kiamat. Wallahu A’lam Bishowab

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru