32.1 C
Jakarta

6 Tips Menghindari Rasa Sombong Menurut Imam Al-Ghazali

Artikel Trending

Asas-asas IslamAkhlak6 Tips Menghindari Rasa Sombong Menurut Imam Al-Ghazali
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – rasa sombong adalah potensi sifat yang ada diri manusia. Itu artinya setiap manusia jika tidak hati-hati dalam menjalani hidup akan terjebak pada sifat kesombongan. Padahal kita semua sudah mengetahui bahwa sifat sombong adalah sifat yang melekat pada Tuhan. Hal ini karena Allah maha segalanya maka layak memiliki sifat sombong sedang manusia yang lemah ini jauh dari pantas untuk memiliki rasa sombong. Dan agar tidak terjebak sifat sombong berikut 6 tips menghindari rasa sombong menurut Imam Al-Ghazali.

Allah sendiri dalam AL-Quran dengan jelas melarang umat Islam untuk berlaku sombong.

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُوْرٍۚ

Artinya: “Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. [Luqman: 18]

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنۡ كَانَ مُخۡتَالًا فَخُوۡرَا

Artinya: “Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong lagi membanggakan diri.” [Annisa: 36]

Tips Dari Imam Al-Ghazali Untuk Menghindari Sombong

Untuk menghindari rasa sombong, maka perlu ditanamkan dalam hati 6 pengertian berikut ini untuk menghindari rasa sombong.

BACA JUGA  Ini Hal Yang Paling Dikhawatirkan Rasulullah Kepada Umatnya

Pertama, jika berjumpa dengan kanak-kanak, anggaplah kanak-kanak itu lebih mulia daripada kita. Karena kanak-kanak belum banyak melakukan dosa daripada kita yang usianya lebih tua daripada kanak-kanak.

Kedua, apabila bertemu dengan orang tua, anggaplah dia lebih mulia daripada kita karena dia sudah lama melakukan ibadah.

BACA JUGA  Muhasabah Menjelang Tahun Baru Hijriyah 1443 H

Ketiga, jika berjumpa dengan orang alim, anggaplah dia lebih mulia daripada kita karena banyak ilmu yang telah mereka pelajari dan ketahui.

Keempat, apabila melihat orang bodoh, anggaplah mereka lebih mulia daripada kita karena mereka membuat dosa dalam kebodohan. sedangkan kita membuat dosa dalam keadaan mengetahuinya.

Kelima, jika melihat orang jahat, jangan anggap kita lebih mulia karena mungkin satu hari nanti dia akan insaf dan bertobat atas kesalahannya.

Keenam, apabila bertemu dengan orang kafir, katakan di dalam hati bahwa mungkin pada suatu hari nanti mereka akan diberi hidayah oleh Allah Swt. dan akan memeluk Islam, maka segala dosa mereka akan diampuni oleh Allah Swt.

Demikianlah 6 tips dari Imam AL-Ghazali untuk menghindari rasa sombong, semoga kita semua dijadikan oleh Allah menjadi hamba yang taat dan dijauhkan dari sifat sombong, Amin.

 

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru