31.5 C
Jakarta

4 Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal

Artikel Trending

Asas-asas IslamAkhlak4 Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Orang yang wajib kita muliakan dan kita hormati adalah kedua orang kita. Secara logika, bagaimana bisa kita tidak berbakti kepada mereka sedangkan mereka telah merawat kita dari kecil hingga sekarang ini. Oleh karenanya agama mewajibkan seluruh umat Islam untuk berbakti kepada orang tua, baik itu yang masih hidup maupun yang telah meninggal.

Orang tua yang masih hidup tentu cara berbaktinya adalah dengan merawatnya menjaganya dan mengasihinya. Karena Rasulullah bersabda bahwa kedua orang tua adalah penentu surga dan nerakanya kita. Dalam hadis Ibnu Majah, diterangkan ada sahabat nabi yang menanyakan hal ini.

يَا رَسُولَ اللهِ، مَا حَقُّ الْوَالِدَيْنِ عَلَى وَلَدِهِمَا؟ قَالَ: هُمَا جَنَّتُكَ وَنَارُكَ

Artinya: “Ya Rasulullah, apa hak yang semestinya diterima oleh kedua orang tua dan harus dipikul oleh anaknya?, jawab Rasul ‘Mereka adalah surga dan nerakamu’.” (HR Ibnu Majah: 3662)

Cara Berbakti Kepada Orang Tua Yang Telah Meninggal

Karena Orang tua penentu kesuksesan kita kelak di akhirat oleh karenanya kita wajib berbakti. Dan jika orang tua kita telah meninggal, Rasulullah mengajarkan empat cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal.

بَيْنَمَا أَنَا جَالِسٌ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ جَاءَهُ رَجُلٌ مِنَ الْأَنْصَارِ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، هَلْ بَقِيَ عَلَيَّ مِنْ بِرِّ أَبَوَيَّ شَيْءٌ بَعْدَ مَوْتِهِمَا أَبَرُّهُمَا بِهِ؟ قَالَ: ” نَعَمْ خِصَالٌ أَرْبَعَةٌ: الصَّلَاةُ عَلَيْهِمَا، وَالِاسْتِغْفَارُ لَهُمَا، وَإِنْفَاذُ عَهْدِهِمَا، وَإِكْرَامُ صَدِيقِهِمَا، وَصِلَةُ الرَّحِمِ الَّتِي لَا رَحِمَ لَكَ إِلَّا مِنْ قِبَلِهِمَا، فَهُوَ الَّذِي بَقِيَ عَلَيْكَ مِنْ بِرِّهِمَا بَعْدَ مَوْتِهِمَا

BACA JUGA  Besarnya Pahala Berjabat Tangan Antar Sesama Muslim

Artinya: “Suatu ketika saya sedang duduk-duduk bersama Rasulullah ﷺ. Tiba-tiba ada seorang laki-laki dari sahabat Anshar sowan. Ia bertanya kepada Rasul, ‘Ya Rasul, apakah saya bisa berbaik budi kepada kedua orang tua saya yang sudah meninggal?’ Rasul lalu menjawab, ‘Iya, ada empat hal, yaitu (1) mendoakan dan memohonkan ampunan untuk keduanya, (2) menunaikan janji mereka (3) memuliakan teman mereka, dan (4) menjalin silaturahmi dengan orang-orang yang tidak akan menjadi saudaramu kecuali melalui perantara ayah-ibumu. Itulah budi baik yang harus kamu lakukan setelah mereka meninggal’.” (Musnad Ahmad: 16059)

Dari hadis ini sangat jelas bahwa Rasulullah setidaknya menyebutkan 4 cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal

Pertama adalah mendoakan dan memohonkan ampunan kepada mereka

Kedua adalah menunaikan janji-janji orang tua yang belum sempat dilaksanakan ketika masih hidup di dunia

Ketiga, adalah memuliakan teman-teman orang tua

Dan keempat adalah menyambung persaudaraan dengan orang-orang yang sebab ayah dan ibu menjadi saudara kita.

Semoga kita semua bisa berbakti kepada orang tua dalam kondisi apapun baik ketika masih hidup maupun yang telah meninggal.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru