27.3 C
Jakarta

3 Hal Yang Dapat Memperlancar Rezeki Menurut Imam Nawawi Al-Bantani

Artikel Trending

Asas-asas IslamTasawuf3 Hal Yang Dapat Memperlancar Rezeki Menurut Imam Nawawi Al-Bantani
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Setiap manusia pastinya mengharapkan rezeki lancar. Dengan rezeki yang lancar ini, manusia berharap tidak akan meminta-meminta kepada manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun demikian, dalam hal rezeki memang sudah ditakar ukurannya oleh Allah Swt. setiap orang punya porsi rezekinya masing-masing. Allah Swt dalam Al-Quran memerintahkan manusia untuk berikhtiar mencari rezeki. Dan berikut 3 hal yang dapat memperlancar rezeki menurut Imam Nawawi Al-Bantani.

Imam Nawawi Al-Bantani dalam kitabnya, Qatru al-Ghais fi Syarh Masail Abi Laits menyebutkan bahwa rezeki itu tidak hanya terbatas pada makanan dan minuman, melainkan segala sesuatu yang bermanfaat untuk hidup dan kehidupan.

   أَلرِّزْقُ لَايُخْتَصُّ بِالْمَأْكُوْلِ وَالْمَشْرُوْبِ بَلْ كُلُّ مَا إِنْتَفَعَ بِهِ الْحَيَوَانُ مِنْ مَأْكُوْلٍ وَمَشْرُوْبٍ وَمَلْبُوْسٍ وَغَيْرِهَا وَمِنْ أَعْظَمِ الرِّزْقِ التَّوْفَيْقُ لِلطَّاعَاتِ

Artinya:  “Rezeki tidak terbatas pada makanan dan minuman, akan tetapi segala sesuatu yang bermanfaat bagi makhluk bernyawa termasuk makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Rezeki yang paling utama adalah pertolongan Allah kepada ketaatan.”

BACA JUGA  Tiga Tanda Puasa Ramadhan Membawa Kemenangan Setelah Lebaran

Dalam kitabnya ini, Imam Nawawi juga menyebutkan 3 hal yang dapat memperlancar rezeki, ketiga hal tersebut adalah memperbanyak shalat, shalawat dan istigfar.

من أسباب سعة الرزق كثرة الصلاة والصلاة والسلام على النبي صلى الله عليه وسلم والإستغفار

Artinya: “Sebagian dari sebab keluasan rezeki adalah memperbanyak shalat, shalawat, dan istighfar.”

Penyataan Imam Nawawi ini sesuai dengan Al-Quran.

وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوَى

Artinya: “Dan perintahkanlah keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.” (QS Thaha: 132).

3 hal yang dapat memperlancar rezeki sebenarnya adalah hal yang amat mudah dilakukan. Namun demikian, tidak sedikit dari manusia yang menyepelekan 3 hal ini sehingga merasa rezekinya sempit. Oleh karenanya yuks memperbanyak 3 hal tersebut agar rezekinya lancar dan bisa menjadi bekal untuk taat beribadah dan menegakkan agama Allah.

Ahmad Khalwani, M.Hum
Ahmad Khalwani, M.Hum
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru