26.8 C
Jakarta

200 Ribu Warga Gaza Butuh Bantuan Kesehatan Pasca Perang 11 Hari

Artikel Trending

AkhbarInternasional200 Ribu Warga Gaza Butuh Bantuan Kesehatan Pasca Perang 11 Hari
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Gaza-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan adanya kebutuhan kesehatan yang mendesak di Gaza setelah konflik bulan lalu antara Israel dan Hamas. WHO menyebut, ratusan ribu warga Gaza membutuhkan perawatan kesehatan segera setelah perang 11 hari.

“WHO meningkatkan tanggapannya untuk memberikan bantuan kesehatan bagi hampir 200.000 orang yang membutuhkan di seluruh Wilayah Palestina yang diduduki (OPT), yang termasuk Tepi Barat,” kata kantor regional Mediterania Timur WHO dalam sebuah pernyataan.

“Situasinya bergejolak. WHO tetap prihatin dan menyerukan akses tanpa hambatan untuk pasokan, dan staf penting yang terkait dengan kemanusiaan dan pembangunan ke Gaza, dan rujukan pasien keluar dari Gaza kapan pun diperlukan,” sambungnya.

Dalam pernyataannya, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (3/6/2021), WHO menuturkan lebih dari 77 ribu orang mengungsi dan sekitar 30 fasilitas kesehatan rusak dalam perang terbaru.

BACA JUGA  Israel Bangun Zona Industri untuk Buka Lapangan Kerja Bagi Warga Gaza

Direktur WHO untuk Mediterania Timur, Rik Peeperkorn menuturkan bahwa kehidupan warga Palestina, khusus di Gaza, benar-benar memburuk pasca perang 11 hari. Warga Palestina, jelasnya, benar-benar membutuhkan bantuan kesehatan sesegera mungkin.

“Kehidupan warga Palestina memburuk; banyak orang yang terkena dampak konflik sangat membutuhkan bantuan dan menghadapi ancaman kesehatan lainnya seperti Covid-19,” kata Peeperkorn.

Menurut data WHO pada 31 Mei, 337.191 kasus Covid-19dan 3.765 kematian telah dilaporkan di OPT, dengan kasus positif meningkat di Gaza dalam beberapa pekan terakhir.

Peeperkorn menuturkan, bulan lalu pihaknya meluncurkan permohonan sebesarUSD 7 juta untuk membantu menopang operasi kesehatannya di Wilayah Palestina, tetapi hanya menerima USD 2,3 juta.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru